Gelar Studium Generale, Fikom Unitomo Siapkan Lulusan Mahasiswa Berkualitas

Rabu, 13 November 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Surabaya – Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Studium General dengan tema “Tantangan Public Relations di Era Post-Truth” (Pentingya AI & Kreativitas), di Auditorium Fikom Unitomo, pada Rabu, 13/11/24.

Dalam sesi pembuka Lutfi Subagio, CEO Mediatrust PR menyampaikan bahwa Era Post-Truth telah merubah cara atau pola berpikir di masyarakat, dimana fakta objektif dan data menjadi kurang berpengaruh dalam membentuk opini publik dibandingkan dengan emosi atau keyakinan pribadi.

“Hari ini, pelaku Medsos banyak yang terjangkit Syndrome Echo Chamber (Kondisi dimana kita hanya mendengar apa yang kita teriakkan tanpa tahu kondisi nyata)”, ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa komunikasi harus berbeda, harus paham setiap hari apa yang ia baca, karena gerbang melihat dunia adalah dengan membaca.

“Kita harus melihat fakta yang terjadi di medsos, bagaimana yang benar bisa menjadi salah dan yang salah menjadi benar, dan kita harus bersiap diri menghadapi kenyataan yang ada, maka tentu belajar sekaligus praktek menjadi pondasi utama untuk menjangkau masa depan.

Lutfi Subagio juga menghibahkan Dashboard Monitoring berbasis Big Data ke fikom unitomo agar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa fikom unitomo.

“Big Data ini di harapkan untuk menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa fikom unitomo, agar mahasiswa nantinya setelah lulus jauh sudah punya bekal memasuki dunia kerja,” ungkapnya.

Slow Ahmadi Neja, Dosen Muda Fikom Unitomo mengatakan bahwa Big Data nantinya dapat digunakan untuk memantau tren informasi dan menciptakan konten yang lebih tepat sasaran, bahkan dapat di gunakan untuk mengolah data.

“AI membantu kita memahami audiens dengan lebih baik, memprediksi respons mereka, dan menciptakan strategi komunikasi yang lebih personal dan relevan serta dapat difungsikan untuk mencari data dan mengolah data”, ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Era Post-Truth menuntut para mahasiswa Ilmu komunikasi khususnya di Peminatan Corporate Commuication atau Public Relation untuk lebih cermat dalam menyaring informasi yang akan disampaikan kepada publik.

“Kita harus berhati-hati dalam memilih dan menyampaikan informasi, serta memastikan bahwa pesan yang disampaikan tidak hanya menarik, tetapi juga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.

Penulis : Igusty- Amin

Berita Terkait

Dugaan Rekayasa Kasus Penggelapan dan Penipuan, Kuasa Hukum Siap Tempuh Jalur Hukum Balik
Antisipasi Balap Liar dan Gesekan Perguruan, Jalan A. Yani Dijaga Ketat
Propam Polres Kediri Pastikan Tindak Anggota yang Lakukan Pelanggaran  
Nyesrek Atau Gampung Buruh Tani di Pemalang Berbagi Kebahagiaan Saat Panen Padi
Ramadhan Camp di Pesantren Padepokan Kiai Mudrikah yang Digelar UKM IQDA Selama 2 Pekan Berjalan Khidmat 
Kabag Ops Polres Kediri Kota Adakan Bukber Bersama Awak Media: Wujud Sinergitas dan Silaturahmi
Puluhan Warga Binaan Lapas Cipinang Khatam Al-Quran Setiap Hari Selama Bulan Ramadhan
Mutsaqoful Fikri : Menjadi Pribadi yang Berwawasan Luas 

Berita Terkait

Selasa, 29 April 2025 - 16:11 WIB

Dugaan Rekayasa Kasus Penggelapan dan Penipuan, Kuasa Hukum Siap Tempuh Jalur Hukum Balik

Minggu, 27 April 2025 - 13:41 WIB

Antisipasi Balap Liar dan Gesekan Perguruan, Jalan A. Yani Dijaga Ketat

Selasa, 15 April 2025 - 11:48 WIB

Propam Polres Kediri Pastikan Tindak Anggota yang Lakukan Pelanggaran  

Senin, 14 April 2025 - 11:02 WIB

Nyesrek Atau Gampung Buruh Tani di Pemalang Berbagi Kebahagiaan Saat Panen Padi

Minggu, 23 Maret 2025 - 21:28 WIB

Ramadhan Camp di Pesantren Padepokan Kiai Mudrikah yang Digelar UKM IQDA Selama 2 Pekan Berjalan Khidmat 

Berita Terbaru

TNI-POLRI

Kapolres AKBP Rivanda Silaturahmi ke Ketua MUI Sumenep 

Selasa, 29 Apr 2025 - 20:06 WIB